deskripsi gambar
WHAT'S NEW?
Loading...

Cara efektif untuk mematikan atau disable keyboard laptop yang error


Ada kalanya kita terpaksa harus mematikan atau men-disable keyboard internal laptop. Terutama apabila kerusakan yang terjadi tidak sebatas “tidak berfungsinya sebagian tombol”, tetapi juga mengganggu dan merecoki pekerjaan kita. Misalnya, ada tombol yang nyangkut hingga membuat kursor bergerak sendiri ke sana ke mari; atau layar yang bergulung sendiri secara otomatis, meskipun kita tidak menekan apapun. Atau bahkan tidak jarang keyboard yang error menimbulkan suara keras yang memekakkan telinga. Jika demikian keadaannya, meskipun kita bisa saja menggantinya dengan mencolokkan keyboard eksternal ke laptop, tetap saja tidak akan bisa bekerja karena direcoki terus dengan ulah keyboard internal yang “mengetik” sendiri. Di sinilah kita perlu mematikan atau men-disable keyboard internal, paling tidak sampai nanti kita bisa memperbaikinya kemudian.

Langsung ke TKP...
1). Masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan This PC pada Desktop ==> klik Properties ==> lalu klik Device Manager (bisa juga lewat klik kanan pada logo windows10 di pojok kiri bawah ==> lanjutkan klik Device Manager). 

2). Pada jendela Device Manager, kilik tanda panah pada Keyboarduntuk memunculkan detail driver keyboardnya.


3). Klik kanan pada driver keyboard (sesuai dengan driver laptop anda), kemudian klik Update Driver Software.


4). klik pada Browse my computer for driver software.


 5). Klik pada tulisan Let me pick a list of device driver on my computer. 
6). Hilangkan tanda centang pada pilihan Show Compatible Hardwaredan pilih dalam kotak di bawahnya salah satu driver yang TIDAK SESUAI/INCOMPATIBLE dengan laptop anda. Artinya, apabila laptop anda adalah Acer, jangan install driver Acer, tetapi install driver selainAcer, misalnya Samsung, Fujitsu, atau lainnya. 


7). Jangan lupa, klik juga pilihan model keyboard di kotak sebelah kanan.(lihat kotak warna biru pada gambar di atas).
PERINGATAN: BAIK MEREK MAUPUN MODEL KEYBOARDTIDAK BOLEH SAMA DENGAN KEYBOARD BAWAAN LAPTOP ANDA. Pada contoh ini, saya menginstall driver keyboard merek FUJITSU dengan pilihan model Fujitsu 109 Japanese USB Keyboard (berdeda dengan keyboard asli merek ACER dengan model STANDARD PS/2 KEYBOARD).  

Catatan: Memilih merek keyboard yang berbeda tapi dengan model yang sama, juga akan membuat upaya disable keyboard tidak akan berhasil, karena ia masih tetap kompatible. Karena itu, pilih MEREK manufaktur dan MODEL yang berbeda atau in-compatible alias tidak sesuai.

      8) Segera setelah klik Next akan muncul peringatan bahwa driver yang diinstall tersebut tidak compatible dengan perangkat yang terpasang. Klik saja YES, karena memang kita sengaja menginstall driver yang tidak compatible.


9). Selesai melakukan installasi, windows 10 akan menampilkan pesan bahwa proses installasi sudah selesai dan akhiri dengan klik Close

      10) Terakhir, bila Windows meminta anda untuk melakukan restart ulang laptop/netbook anda, maka restartlah. Dan jangan lupa, pada saat komputer melakukan restart, silahkan pasang keyboard external danmouse external karena keyboard maupun touch pad pada notebook/laptop segera tidak akan berfungsi lagi. 
Windows 10 tester...
T

0 comments:

Post a Comment